U-19 Indonesia Vs Arab Saudi Berakhir Imbang 3-3, Fatari Cetak Gol Penyelamat di Menit 90+2

RADAR24.ID | JAKARTA — Timnas U-19 Indonesia akhirnya bisa meraih poin di Friendly Tournament di Kroasia. Menghadapi Arab Saudi, Jumat (11/9) malam WIB, Timnas U-19 bermain imbang dengan skor 3-3.

Pada laga kali ini, Timnas U-19 tertinggal 3-0 lebih dulu. Untung saja, anak-anak asuh Shin Tae-yong berhasil menyamakan kedudukan melalui Irfan Jauhari, Saddam Gaffar, dan Braif Fatari.

Jalannya Pertandingan Timnas U-19 vs Arab Saudi
Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan di pertandingan kali ini. Ahmad Rusadi, Brylian Aldama, Braif Fatari, dan Khairul Zakiri tampil sejak menit awal.

Mereka menemani nama-nama yang sudah tampil di dua laga sebelumnya seperti David Maulana, Witan Sulaeman, dan Adi Satryo. Dalam laga kali ini, Timnas U-19 tetap menurunkan pola 4-4-2.

Timnas U-19 juga tidak terlalu tampil bertahan seperti dua laga sebelumnya. Tekanan-tekanan dilakukan untuk mengganggu Arab Saudi membangun serangan dari belakang.

‘Garuda Muda’ memiliki peluang mencetak gol di menit ke-10. Aksi dari Zakiri diakhiri dengan umpan mendatar ke Brylian. Sayang, sepakan Brylian melambung tipis di atas gawang Arab Saudi.

Arab Saudi sebenarnya mendapat kesempatan mencetak gol di menit ke-20. Wasit memberikan penalti usai Komang Tri menyentuh bola dengan tangannya. Beruntung sepakan Khalil Marran membentur tiang gawang.

Sial bagi Indonesia, penalti diberikan kembali untu Arab Saudi pada menit ke-27. Lagi-lagi Komang Tri yang menyentuh bola dengan tangannya.

Kali ini Khalil Ibrahim Alabsi sukses menyarangkan bola ke gawang Adi Satryo. Indonesia tertinggal 0-1.

Di menit ke-33 Arab Saudi kembali mendapatkan penalti. Pelanggaran Brylian membuat wasit menunjuk titik putih. Khalil Marran yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 2-0. Kebobolan dua gol, Timnas U-19 melakukan perubahan. Rizky Ridho dan Bagas Kaffa dimainkan menggantikan Yudha Febrian dan Komang Tri.

Namun, perubahan tak membuat lini belakang Indonesia membaik. Arab Saudi kembali membuat gol ketiga melalui kaki Khaleel Althekralla. Indonesia tertinggal 0-3.

Di penghujung babak pertama, Indonesia mampu memperkecil ketinggalan. Umpan silang dari Witan salah diantisipasi penjaga gawang Arab Saudi. Bola jatuh ke kaki Irfan Jauhari yang langsung menceploskannya ke gawang yang kosong. Babak pertama usai dengan keunggulan Arab Saudi 3-1.

Di babak kedua, Shin Tae-yong memainkan Saddam Gaffar dan Andi Irfan untuk menggantikan Irfan Jauhari dan Zakiri. Pergantian itu terbukti jitu karena di menit ke-53 Timnas U-19 berhasil mencetak gol.

Umpan mendatar dari Bagas Kafa berhasil diteruskan oleh Saddam. Timnas U-19 memperkecil keadaan menjadi 2-3.

Timnas U-19 hampir saja menyamakan kedudukan. Sayang, sundulan dari Ahmad Rusadi menyamping dari gawang Arab Saudi.

Tim lawan bukan tanpa peluang. Pada menit ke-63 Arab Saudi memiliki peluang mencetak gol. Beruntung, sundulan Khaleel Althekralla masih membentur tiang gawang.

Di menit ke-64, Timnas U-19 kembali melakukan perubahan. Kali ini Beckham Putra yang dimainkan dan menarik keluar Brylian.

Masuknya Beckham membuat penampilan Timnas U-19 lebih agresif. Pada menit ke-90+2, Timnas U-19 berhasil membuat kedudukan imbang. Adalah Braif Fatari yang mencetak gol usai sepakannya gagal dibendung penjaga gawang Arab Saudi.

Skor berubah menjadi 3-3 dan bertahan hingga laga selesai.

Kumparan
RADAR24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *